Breaking News

Hoax Seputar Registrasi Kartu SIM yang bikin Bingung

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatensi beredarnya berita bohong (hoax) yang beredar seputar pemberlakuan registrasi ulang SIM card prabayar.
“Jadi yang beredar di masyarakat itu ada tiga hoax. Satu mengenai tidak wajib registrasi kartu SIM. Kedua adalah bahwa pendaftaran kartu SIM terakhir adalah pada 31 Oktober, yang ketiga adalah hoax bahwa operator akan menyalahgunakan data dari pelanggan. Mohon tidak dipercayai,” ungkap Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo Ahmad Ramli pada konferensi pers di Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (1/11) seperti dilansir CNN.
Terkait berita hoax tidak wajibnya registrasi, Ramli menegaskan, pemerintah mewajibkan registrasi ulang. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan semua masyarakat.
Dalam kesempatan itu disampaikan batas waktu registrasi ulang, yakni hingga 28 Februari 2018. Registrasi bisa dilakukan melalui pesan SMS, situs web operator, juga lewat gerai. ditegaskan pula bahwa pendaftaran melalui SMS gratis, tak akan mengurangi saldo pengguna. Namun, jika terlambat, kartu akan terblokir bertahap.
Kemenkominfo juga mengelak terkait berita bahwa operator memiliki akses lebih jauh di database Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Ramli mengatakan operator hanya bisa melakukan validasi semata. Hal ini juga telah diungkap sebelumnya oleh Kementerian Dalam Negeri.
“Operator dan/atau gerai sebagai mitra menjamin perlindungan data pelanggan sesuai ISO 27001, operator telekomunikasi hanya memiliki akses (dari Ditjen Dukcapil) untuk memvalidasi saja tapi tidak lebih dalam lagi,” terang Ramli.
Hal ini dibenarkan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia Merza Fachys dalam kesempatan yang sama. Dikatakannya, seluruh operator di Indonesia memiliki standar tersebut.
“Kita sebagai operator, kita udah diwajibkan untuk mengikuti standar ISO 27001. Bahwa standar keamanan harus dilakukan,” kata Merza. (djr)
Sumber : https://kicknews.today/2017/11/02/hoax-seputar-registrasi-kartu-sim-yang-bikin-bingung/
Postingan : 2 November, 2017

No comments:

Powered by Blogger.