Breaking News

Media Asing Puji Kepemimpinan Jokowi Tangani Teror dan Masalah Ekonomi

Jakarta – Sosok Presiden Joko Widodo yang matang dalam setiap kebijakannya diapresiasi oleh banyak pihak. Diantaranya yang memuja Jokowi adalah media asing.
Berikut media asing yang menilai Jokowi dengan keberhasilan program kerjanya:
1. Warga Malaysia Ingin Sosok Jokowi Jadi Pemimpin
Kondisi Malaysia semakin memanas menjelang pemilihan umum. Warga Malaysia menyoroti kondisi perpolitikan di negerinya yang semakin memburuk. Mereka mengaku menginginkan sosok seperti Jokowi.
Syed Nadzri Syed Harun, seorang kolumnis Malaysia, menulis tentang kondisi negeri jiran itu menjelang pemilu dikaitkan dengan sepak terjang Jokowi. Tulisan Syed Nadzri Syed Harus dilansir koran The Malay Mail, Selasa (19/2).
Tulisan Nadzri berjudul, Wanted badly: A Malaysian Jokowi. Dalam tulisannya Nadzri mengutip kisah Jokowi dalam majalah The Economist dan surat kabar The Wall Street Journal akhir Januari lalu. Dia mengatakan, Jokowi yang baru menjabat Gubernur Jakarta akhir Oktober tahun lalu lebih menekankan kerja nyata ketimbang sibuk dengan urusan politik.
“Jokowi bahkan mau masuk ke gorong-gorong dan mengunjungi daerah kumuh serta berbicara dengan rakyat miskin tentang akses kesehatan dan pendidikan,” tulis Nadzri.
Jokowi, kata dia, juga langsung turun tangan menangani banjir besar yang merendam Jakarta bulan lalu. “Dia lebih menekankan aksi nyata untuk menangani banjir,” demikian tulisan Nadzri, beberapa mengutip artikel The Economist dia.
2. TIME Menulis Jokowi Harapan Baru
Presiden terpilih Joko Widodo menjadi cover majalah TIME. Majalah populer asal Amerika Serikat tersebut menulis Jokowi dan demokrasi Indonesia dalam edisi yang akan terbit 27 Oktober 2014. TIME menuliskan Jokowi sebagai harapan baru masyarakat Indonesia dan dunia. ‘A NEW HOPE’.
Mereka menggambarkan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar dengan ratusan etnis dan budaya telah memilih Jokowi sebagai presiden dalam Pemilu 2014.
TIME menuliskan kisah Jokowi dalam sebuah penerbangan dalam kabin kelas ekonomi pesawat Garuda Indonesia Jakarta-Solo. Di ketinggian 42.000 kaki, seorang pria meminta segelas susu pada pramugari lalu menyenderkan kepalanya untuk beristirahat.
Seorang gadis kecil berusia 5 tahun mengenali pria kurus itu. Dia berkata dengan riang. “Itu Pak Jokowi! Dia satu pesawat dengan saya,” kata Shakira, gadis kecil tersebut.
3. Jokowi dinilai responsif terhadap aksi teror
Teror bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta pada awal tahun ini menarik perhatian dunia dan disebut hampir sama dengan Paris Attack 13 November 2015. Respon sigap dari Presiden Jowo Widodo yang datang langsung ke tempat ke jadian juga tak luput dari sorotan media lokal dan internasional.
Seperti ditulis media asing, The Atlantic pada 16 Januari 2016. Dalam judul tulisan, Presiden Jokowi dinilai sangat cepat tanggap terhadap insiden terorisme. Bukan memberi komando akan perang terhadap ajaran radikal agama tertentu, tetapi lebih kepada perintah untuk jajarannya agar segera meringkus pelaku teror hingga ke akar dan mengimbau agar masyarakat Indonesia tidak boleh panik akan situasi yang terjadi, yang mana menjadi tujuan utama pelaku teror.
“Dia (Jokowi) tidak menyatakan bahwa Indonesia sedang berperang dengan Negara Islam, Islam radikal, atau terorisme. Dia tidak menunjukkan masa depan Indonesia sedang dipertaruhkan. Dia tidak memberikan peringatan,” seperti yang ditulis The Atlantic.
4 Koran Singapura mengutip menteri Malaysia sebut Jokowi adalah inspirasi
Datuk Seri Mustapa mengaku terang-terangan mengagumi gaya kerja Jokowi. Dia menulis dalam sebuah artikel yang dimuat di Straits Times tentang inspirasi seorang Jokowi. Artikelnya berjudul Jokowi’s work ethic is an inspiration.
Datuk Seri Mustapa mengaku pernah berdiskusi dengan Jokowi di rumahnya di Kuala Lumpur. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai wali kota Solo. Diskusi itu ditemani dengan secangkir teh dan kerupuk.
Datuk Seri Mustapa mengaku banyak bertukar pendapat tentang pengalaman berpolitik dan birokrasi dengan Jokowi. Kehebatan Jokowi, menurut dia adalah mengaplikasikan pengalaman sebagai enterpreneur di bisnis mebel ke dalam perilaku saat menjabat sebagai wali kota Solo.
“Jokowi menekankan pentingnya masyarakat merasa diberdayakan, hanya dengan cara itu mereka akan mendukung inisiatif pemerintah daerah,” tulisnya.
5. Koran Filipina muat kartun Jokowi galak pada China
Koran the Manila Times kemarin memuat gambar karikatur Presiden Jokowi yang ditampilkan sedang melawan Naga (China). Di kartun itu Jokowi digambarkan memakai baju besi membawa pedang dan tameng seperti prajurit zaman dahulu.
Jokowi yang bermuka galak terlihat sedang melompat sambil bersiap mengayunkan pedang ke arah seekor naga besar yang samakan dengan China. Sementara Presiden Filipina Rodrigo Duterte terlihat berada di belakang Jokowi dengan wajah sendu sambil membawa bendera putih tanda menyerah (pada China).
Tindakan Jokowi menggelar rapat terbatas yang dihadiri sejumlah menteri, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepala Angkatan Laut, dipandang sebagai sikap tegas Indonesia dalam merespon klaim China di wilayah itu.
Sumber : http://stopfitnah.com/media-asing-puji-kepemimpinan-jokowi-tangani-teror-dan-masalah-ekonomi/

No comments:

Powered by Blogger.