Breaking News

Presiden Jokowi Komitmen Bangun Infrastruktur Jadikan RI Poros Maritim Dunia


JAKARTA – Pemerintahan Jokowi terus membangun infrastruktur untuk memperkuat konektivitas di jalur laut.Di hadapan peserta Marine Environment Protection Committee (MEPC) di Gedung International Maritime Organization (IMO) London, Presiden menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Sejumlah infrastruktur tengah dikerjakan salah satunya pembangunan pelabuhan.
“Sejak 2015, kami telah menyelesaikan 27 pelabuhan baru. Kami juga sedang membangun 68 pelabuhan lagi, yang tersebar di Maluku, Papua, NTT, dan Sulawesi. Saat ini, kami juga sedang menambah 200 kapal patroli, penumpang, ternak, navigasi dan barang,” kata Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab.
Presiden menekankan, selain infrastruktur, pemerintah akan menjaga sumber daya laut dari eksploitasi illegal dan merusak. “Memanfaatkan kekayaan laut untuk rakyat kami, menjaga keamanan dan keselamatan laut sebagai urat nadi perdagangan dunia melestarikannya untuk anak cucu kami dan untuk dunia,” tegas Presiden Jokowi.
Indonesia, lanjutnya, terdiri dari lebih dari 17.000 pulau yang dipersatukan oleh laut. Sehingga pembangunan konektivitas laut antar pulau yang dikenal sebagai pembangunan Tol Laut menjadi sebuah keniscayaan. “Caranya dengan membangun pelabuhan baru, meng-upgrade pelabuhan-pelabuhan yang ada, dan menambah armada kapal logistik dan penumpang, serta modernisasi pengelolaan pelabuhan,” sambung Presiden Jokowi.
Semua yang dilakukan itu, menurut Presiden, untuk percepatan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi Indonesia serta menjadikan ekonomi Indonesia lebih efisien.
Sumber : 

No comments:

Powered by Blogger.