Breaking News

Masa Kampanye Pilpres Sudah 3 Bulan Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Tetap Unggul

Elektabilitas paslon no urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin semakin mendekati hari H Pilpres 2019 semakin menunjukkan trend meningkat.
Survei terbaru Lembaga riset Alvara Research Center menunjukkan perihal tersebut dan memastikan Pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin masih unggul dibandingkan rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
CEO dan Founder Alvara Research Center, Hasanuddin Ali mengatakan dari jajak pendapat dilakukan timnya pada 11 hingga 24 Desember 2018 dengan 1.200 responden, diketahui elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 54,3 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 35,1 persen.
“Yang belum memutuskan (pilihan) 10,6 persen,” kata Hasanuddin dalam keterangan tertulis Jumat (11/1/2019).
Elektabilitas kedua pasangan mengalami kenaikan dibandingkan hasil survei periode Oktober 2018. Jokowi-Ma’ruf naik sebesar 0,2 persen. Hal tersebut terjadi karena para pendukung dan timses paslon no urut 02 Prabowo-Sandi terbukti berkali-kali hanya dapat menyebarkan hoax dan fitnah yang keji.
Menurut Hasanuddin, soliditas pemilih Jokowi-Ma’ruf juga cukup kuat. Mayoritas mereka tak akan mengubah pilihan.
Dari survei ini diketahui, Jokowi-Ma’ruf unggul di semua status sosial ekonomi, baik di kelas menegah atas maupun menengah bawah.
“Persaingan ketat di kelas ekonomi bawah,” ujarnya.
Survei Alvara Research Center menggunakan 1.200 responden dari 34 provinsi dengan rentang usia di atas 17 tahun. Riset dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error sebesar 2,88 persen, tingkat kepercayaannya 95 persen.
Sumber : https://bidikdata.com/masa-kampanye-pilpres-sudah-3-bulan-elektabilitas-jokowi-maruf-tetap-unggul.html

No comments:

Powered by Blogger.