Breaking News

Presiden Jokowi Minta Para Rektor Buka Jalur Pendidikan dan SDM di Papua





Presiden Joko Widodo meminta seluruh perguruan tinggi di Tanah Air untuk bersama-sama ikut membangun sumber daya manusia (SDM) masyarakat Papua dan Papua Barat.
Jokowi menyampaikan hal itu kepada para rektor yang tergabung dalam Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) saat berkunjung ke Istana Merdeka, Kamis (3/10).
Sebagaimana pesan yang disampiakan Presiden Jokowi, Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulsel, Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, sebagai pengelola pendidikan tinggi, dirinya akan turut bersama-sama membantu Papua.
“Persoalan Papua cukup kompleks dan diminta oleh Presiden bagaimana perguruan tinggi ikut membantu melalui jalur pendidikan, pengembangan SDM di Papua, atau pendekatan kultural,” jelas Dwia, Kamis (3/10).
Dalam pertemuan tersebut para Rektor menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada Presiden. Adapun sejumlah isu yang dibahas bersama presiden, antara lain soal ketahanan energi, kedaulatan pangan, dan upaya mengembalikan pendidikan Pancasila sebagai model pendidikan yang baik.
“Kita juga bicara soal multikulturalisme yang harus dikelola dengan baik untuk mencegah adanya intoleransi dan susupan radikalisme. Di antaranya itu ada tema-tema strategis,” jelasnya.

No comments:

Powered by Blogger.