Breaking News

Selandia Baru Dukung Papua Sebagai Bagian NKRI


Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan Selandia Baru mendukung penuh Papua sebagai bagian dari Indonesia. Menurutnya, dukungan Selandia Baru diperlukan secara politik internasional.
Mahfud mengatakan, sikap Selandia Baru terhadap kedaulatan wilayah Indonesia sudah sejalan dengan hukum internasional. Dia menyampaikan hukum internasional telah menyatakan Papua bagian dari NKRI.
“(Selandia Baru) sangat mendukung integrasi atau keutuhan wilayah Indonesia, termasuk sangat mendukung soal Papua sebagai bagian dari Indonesia,” kata Mahfud usai bertemu sejumlah anggota parlemen Selandia Baru di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (19/11/2019).
Bahkan, Mahfud menyampaikan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik (ICCPR) menyebutkan bahwa wilayah yang sudah menjadi bagian dari negara yang sah harus dipertahankan dengan cara apapun.
“Kita sudah melakukannya,” tegasnya.
Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menyampaikan kedatangan anggota parlemen Selandia Baru menemui Mahfud dalam rangka membahas sejumlah persoalan politik dan hukum, termasuk mengenai persoalan di Papua.
Kepada parlemen Selandia Baru, Tantowi menegaskan Indonesia memiliki komitmen untuk menuntaskan pelanggaran HAM masa lalu.
“Untuk negara-negara maju seperti Selandia Baru itu selalu menjadi masalah yang penting bagi mereka. Jadi kami sangat berterima kasih kepada Menkopolhukam yang tadi secara gamblang menjelaskan semuanya,” ujar Tantowi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.
Tantowi menyebut, Selandia Baru selalu mendukung kedaulatan Indonesia. Politisi Golkar ini menyampaikan Selandia Baru selalu menghormati wilayah teritorial Indonesia dari Sabang sampai Marauke.
Terkait adanya suara-suara yang mendukung Papua itu adalah opini pribadi dari beberapa anggota parlemen, media, dan NGO. Tapi sikap resmi dari pemerintah Selandia Baru kata dia tidak pernah berubah.



No comments:

Powered by Blogger.