Breaking News

Jokowi Ajak Jepang Berinvestasi di Natuna


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Motegi Toshimitsu di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/1/2020). Kepala Negara mengajak Jepang berinvestasi untuk pengembangan pulau-pulau terluar Indonesia, termasuk di Natuna, Kepulauan Riau.
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan Presiden Jokowi menargetkan kerja sama pengembangan perikanan, pariwisata dan kapasitas nelayan dengan Jepang.
"Ini bukan hal yang baru, dan Presiden menyampaikan khusus untuk Natuna maka beberapa kerja sama yang memang sudah dibahas sejak lama, antara lain untuk pengembangan perikanan termasuk SKPT (Sentra Kelautan Perikanan Terpadu), kemudian yang kedua juga pengembangan pariwisata, kemudian yang ketiga adalah peningkatan kapasitas nelayan," kata Retno seperti dinukil dari laman resmi Setkab.
Jokowi juga mengajak Jepang untuk berinvestasi di bidang infrastruktur. Harapannya, draf perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dapat ditandatangani tahun ini.
Jokowi juga ingin Indonesia-Jepang menggelar kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui program vokasi maupun program internship on the job.
"Jadi internship pada perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, serta pengembangan bahasa Jepang," ucap Retno.
Retno menyebutkan kondisi Jepang saat ini kekurangan tenaga kerja. Untuk itulah, perlu ada penguatan kemampuan di bidang bahasa Jepang agar banyak WNI yang bisa bekerja di Negeri Sakura.
(qlh)

No comments:

Powered by Blogger.