Breaking News

NU HIMBAU MASYARAKAT AGAR TIDAK MUDIK SAAT LEBARAN


JAKARTA – Pandemic Corona yang saat ini terjadi di Indonesia memiliki tingkat kecepatan penyebaran yang tinggi, gejalanya yang samar dan hampir serupa dengan flu biasa, tidak mudahnya terdeteksi mereka yang tertular, menurut NU, jelas menunjukkan bahwa virus itu berbahaya. Maka wajib bagi setiap Muslim untuk berikhtiar mencegah penularannya.
Nahdlatul Ulama menyerukan terutama kepada umat Islam untuk menangguhkan mudik ke kampung halaman dalam momentum lebaran Idul Fitri tahun 2020. Alasannya jelas: wabah virus corona masih mengancam.
NU menyadari, menjadi tradisi umat Islam di Indonesia untuk mudik ke kampung halaman, bersilaturahmi dengan kerabat, setiap Idul Fitri. Tetapi, sebagaimana keputusan pemerintah yang menetapkan darurat wabah Covid-19 sampai 29 Mei (lima hari setelah Idul Fitri), Lebaran tahun ini tetap harus dijalani dengan upaya-upaya disiplin memutus mata rantai penularan corona.
“Untuk itu mari bersama-sama mendisiplinkan diri, memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan tidak mudik Lebaran tahun ini,” kata Ketua Pengurus Besar NU Robikin Emhas dalam keterangan tertulisnya.
Imbauan PBNU tersebut merupakan salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan memaksakan diri untuk mudik dapat membahayakan diri dan orang lain termasuk keluarga.

No comments:

Powered by Blogger.