Breaking News

Pandemi Corona, MUI Imbau kepada Masyarakat Perbanyak Berdoa


Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Soleh mengimbau kepada masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam untuk terus berkontribusi untuk melakukan pencegahan Covid-19, dengan cara ikhtiar lahir batin.

"Ikhtiar batin adalah dengan cara meningkatkan keimanan taqwa, ibadah diperbanyak, perbanyak munajat di dalam setia kali salat fardhu," kata Asrorun dalam konferensi pers live streaming di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Kata dia, masyarakat harus memahami Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah virus Covid-19. Salah satunya yaitu soal salat di rumah.

"Bukan larang ibadah, justru dalam kondisi ini harus ditingkatkan sebagai ikhtiar, tetap untuk kontribusi kita selamat kan jiwa. Minimalisir kerumunan dengan demikian ibadah yang dilaksanakan dengan cara kerumunan dilarang dan dihindari," sambungnya.

"Ibadah tidak hanya di masjid tapi di rumah masing-masing, ada hikmah di balik peristiwa ini adalah penguatan ketahanan keluarga kita, ibadah di dalam rumah. Bahkan Rasul mengatakan sebaik-sebaiknya ibadah salat adalah salat yang dilaksanakan di rumah," sambungnya.

Kata dia, MUI pun mengimbau, menjelang bulan suci Ramadan alangkah baiknya masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam agar meningkatkan ikhtiar batin.

"Sebentar lagi ramadan ibadah dari rumah seiring dengan pencegahan Covid-19 dengan tiga langkah, yaitu penguatan tinggal di rumah tingkatkan ibadah, kita jaga jarak dari kerumunan, terakhir pesan keagaamaan menjaga kesehatan karena kesehatan hakekat tujuan utama untuk kehidupan kita," pungkasnya.

No comments:

Powered by Blogger.