Breaking News

Tepat di Hari Ulang Tahun, Wapres Ma'ruf Amin Terima Penghargaan dari UNS


SOLO – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima penghargaan Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana dari Universitas Sebelas Maret (UNS).
Ma’ruf Amin menerima penghargaan dari UNS karena dianggap berhasil dalam mengembangkan ekonomi syariah.
Ada yang istimewa dari pemberian penghargaan Maruf Amien di Dies Natalis Ke-44 UNS. Pasalnya, pemberian penghargaan tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun Ma’ruf Amin. Ia terlihat berulang kali mengucapkan terima kasih saat seluruh civitas UNS memberikan ucapan selamat kepadanya.
"Terima kasih pada UNS yang telah memberikan penghargaan pada saya. Terima kasih pula atas ucapan ulang tahun pada saya," ujar Ma’ruf Amin, Rabu (11/3/2020).
Menurut Ma’ruf, dirinya sama sekali tidak pernah membayangkan bakal menerima penghargaan dari UNS. Itu karena apa yang dilakukannya untuk mendorong pengembangan ekonomi syariah itu semata-mata untuk memberikan maslahat bagi seluruh masyarakat.
“Indonesia itu negara dengan mayoritas muslim terbesar. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Islam terbesar, Indonesia sudah seharusnya menjadi pemimpin dunia dalam hal ekonomi dan keuangan syariah,” ujarnya
Wapres menambahkan, sebenarnya pengembangan ekonomi syariah berawal dari keinginan para ulama untuk umat himayyatul ummah, ‘anil muammalah ghairi syar’iah, melindungi umat supaya umat dapat bermuamalah sesuai dengan syariah.
"Terutama di dalam berbagai transaksi keekonomian, lebih khusus lagi transaksi perbankan dengan sistem bunga, yang oleh ulama dikatakan sebagai riba yang diharamkan," tuturnya.
Pada 1990, ungkap Amin, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan lokakarya tentang bunga bank yang kemudian mendorong lahirnya Bank Mualamat sebagai bank syariah pertama pada 1991.
"Jadi Bank Muammalat sebetulnya lahir mendahului terbitnya undang-undang perbankan yang mengatur tentang bank dengan sistem bagi hasil pada 1992,” katanya.
Untuk itu, Ma’ruf meminta kepda UNS, momen Dies Natalis ke-44 ini bukan hanya sebagai agenda rutin yang digelar setiap tahunnya. Namun, harus dimaknai sebagai upaya untuk melakukan refleksi terhadap apa yang sudah dicapai dan apa yang belum tercapai, serta apa yang ingin dituju UNS.
Meski begitu, Ketua Umum nonaktif MUI ini mengapresiasi jika dalam perayaan Dies Natalis ke-44 ini, UNS mengutamakan penekanan pada pendidikan karakter.

Pendidikan karakter ini dibangun dari 3 unsur, yang meliputi pemahaman, penghayatan, dan pengamalan atas nilai dan karakter tersebut.
“Pendidikan karakter ini sangat sejalan dengan pemikiran saya tentang pembangunan SDM unggul yang saat ini menjadi prioritas pembangunan nasional," ujarnya.
"Dalam berbagai kesempatan, saya selalu menyampaikan SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia, akhlakul karimah,” tuturnya.
(erh)
Sumber : https://news.okezone.com/read/2020/03/11/65/2181836/tepat-di-hari-ulang-tahun-wapres-ma-ruf-amin-terima-penghargaan-dari-uns?page=2

No comments:

Powered by Blogger.