Breaking News

Warga Bisa Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri di Rumah, Begini Caranya


TANGERANG - Warga Kota Tangerang bisa meminta layanan disinfeksi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang dengan mengajukan surat permohonan. Namun, pelaksanaan penyemprotan disinfektan akan dilakukan pada fasilitas umum seperti tempat ibadah dan balai pertemuan.
Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang, Ade Kurniawan menjelaskan warga yang ingin rumahnya steril dari virus dan bakteri bisa melakukan disinfeksi mandiri dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Cairan pembersih lantai dan kamar mandi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan disinfeksi asal dilakukan dengan cara yang benar.
Sementara untuk takaran cairan disinfektan, Ade menerangkan agar tetap mengikuti petunjuk yang ada di tiap kemasan bahan yang akan digunakan. Warga juga harus menyiapkan alat tambahan seperti hand spray dan kain microfiber.
"Untuk sementara saja bisa pakai klorin 0,05 persen, pemutih pakaian, karbol juga bisa. Ikuti takaran yang ada di tiap kemasan serta perhatikan petunjuk penggunaannya," jelas Ade pada Selasa (17/02/2020)
Untuk disinfeksi skala rumah tangga, Ade menyarankan untuk tetap memakai alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker, serta kacamata pelindung. Sebelum disinfeksi dilakukan, rumah harus dalam keadaan bersih.
"Sebelum pelaksanaan desinfeksi terlebih dahulu harus dilakukan general cleaning. Dibersihkan dulu dengan air sabun ata deterjen menggunakan lap termasuk AC, meja, lantai, dan gagang pintu," jelasnya.
Setelah general cleaning dilakukan, disinfeksi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti menggunakan hand sprayer ataupun menggunakan kain pel microfiber Untuk penggunaan kain pel mikrofiber, rendam kain kedalam air yang telah berisi cairan disifektan. Lakukan pengelapan pada lingkungan permukaan datar dan biarkan tetap basah selama 10 menit.
Jika menggunakan botor sprayer, isi botol dengan cairan disinfektan yang telah diencerkan. Ambil 2 lembar tisu dan dilipat 2 atau 4. Setelahnya, semprotkan cairan disinfektan pada tisu dan lakukan pengelapan secara zig-zag atau memutar dari tengah keluar
"Setelah general cleaning, lakukan desinfeksi sesuai petunjuk dengan menggunakan sprayer atau hand sprayer kemudian lakukan pengelapan dengan kain microfiber" lanjut Ade.
Disinfeksi harus menjangkau seluruh bagian rumah terutama pada bagian yang sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu, meja, dan kursi. Ade kemudian mengingatkan bahwa ruangan yang sudah didisinfeksi baru bisa digunakan 60 menit kemudian.
"Setelah disinfeksi, jangan lupa buang semua APD sekali pakai, cuci tangan pakai sabun, dan langsung mandi. Ruangan yang baru disemprot disinfektan bisa digunakan 60 menit kemudian," tutupnya.
(fid)

No comments:

Powered by Blogger.