Breaking News

Jokowi Ajak Pedagang ke Istana, Kasih Bantuan Modal Rp 2,4 Juta



Jakarta - Sore ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak puluhan pelaku usaha mikro, mulai dari pedagang pasar hingga pedagang asongan ke Istana Kepresidenan. Mereka menjadi perwakilan menerima bantuan modal kerja (BMK).

Jokowi menerima para pedagang itu dalam 2 kloter. Mereka bertemu di halaman tengah Istana Merdeka.

"Saya berbahagia sekali bisa bertemu dengan bapak ibu sekalian. Saya tahu ada bapak ibu yang jualan di pasar, ada yang kaki lima, ada yang asongan. Dengan kondisi pandemi COVID-19 ini, usaha bapak ibu sekalian tidak seperti keadaan normal lalu, bener? Ada yang omzet jatuh 50%, bener? Ada yang keuntungan biasanya 200 menjadi hanya 50 gitu ya? Saya tau, saya tau," ujar Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Jokowi pun memberikan bantuan modal kerja tersebut kepada para pedagang yang datang sore ini. Masing-masing mendapatkan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta.

Bantuan itu juga nantinya akan diberikan kepada 12 juta pelaku usaha mikro lainnya. Jika dijumlahkan maka total BMK yang disalurkan mencapai Rp 28,8 triliun.

"Ini nanti akan kita berikan pada kurang lebih 12 juta usaha mikro dan usaha kecil. Saya akan muter pada seluruh kota memberikan bantuan mod usaha ini. Ini akan memberikan dorongan dan semangat agar omzet pada posisi normal," tambahnya.

Meski begitu, Jokowi mengingatkan agar bantuan tersebut dipergunakan dengan baik. Dirinya berjanji akan mengecek kondisi usaha para penerima bantuan beberapa bulan mendatang.

"Nanti kalau saya cek 3 bulan atau 4 bulan lagi Insya Allah sudah berada pada kondisi normal lagi. Syukur lebih baik dari normal yang lalu. Saya tahu kondisi ini berat tapi kita ingin bapak ibu tetap kerja keras sesuai bidang masing-masing" tutup Jokowi.(das/fdl)

No comments:

Powered by Blogger.