Breaking News

Kominfo Dorong Terciptanya Smart City di NTT


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memberikan pelatihan digital kepada jajaran staf Dinas Komunikasi dan Informatika di tingkat kota maupun kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT), agar mampu mendorong kota atau kabupaten menjadi Kota Cerdas atau Smart City. 

"Membantu asistensi dan pendampingan Smart City di NTT," ujar Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate melalui siaran virtual ketika memberikan sambutan acara Kilau Permata Flobamora di Kominfo TV pada Jumat (18/6/2021). 

Terdapat empat wilayah di NTT yang saat ini sudah masuk sebagai kandidat Smart City yakni Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, dan Kota Kupang. Empat daerah tersebut masuk dalam 48 Kota Cerdas yang akan segera ditetapkan tahun ini. 

"Labuan Bajo di Manggarai Barat, Ruteng di Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, Kota Kupang termasuk dari 48 kabupaten dan kota yang tahun ini menjadi Kota Cerdas," tuturnya. 

Dalam memperkuat hal itu, pihaknya juga akan membangun jaringan telekomunikasi berkualitas seluler 5G. Wilayah yang akan menerima akses jaringan cepat itu yang pertama kali adalah kawasan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat. 

Alasannya, wilayah tersebut masuk dalam wilayah destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah. Sebab, memiliki destinasi wisata yang diunggulkan yakni Taman Nasional Komodo yang memiliki hewan langka dari jaman purba. 

Adanya jaringan berkualitas ini, akan mendukung sektor pariwisata yang dimiliki oleh NTT menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dalam dan luar negeri di masa mendatang. 

"Komitmen operator seluler untuk membangun jaringan 5G di kota lainnya secara khusus di lima  destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, dan Mandalika," ujarnya.

No comments:

Powered by Blogger.