Breaking News

Tokoh Masyarakat Dayak Dukung Pembangunan IKN Nusantara, Senang akan Ada Perwakilan di Badan Otorita

 


BALIKPAPAN – Sejak Presiden Joko Widodo menetapkan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, masyarakat dan tokoh-tokoh Dayak sepakat menyatakan mendukung.

“Pada prinsipnya tokoh-tokoh Dayak di Kalimantan sepakat menyatakan mendukung penuh penetapan IKN Nusantara di Kalimantan Timur,” kata Dr Abriantinus, Ketua Dewan Adat Dayak Kota Balikpapan ditemui di sela-sela acara Dialog dan Serap Aspirasi “Kaltim Mengawal IKN Nusantara di Hotel Platinum, Balikpapan, Jumat (21/4/2022).

Abriantinus menegaskan, seluruh masyarakat adat Dayak se-Kalimantan telah mendukung penuh IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bersama masyarakat Dayak di Kaltim, dirinya siap mengawal pembangunan IKN baru di Sepaku, Penajam Paser Utara demi Indonesia yang semakin maju.

“Kami memberikan dukungan penuh IKN di Kaltim. Bahkan kami siap menjaga, mengawal, dan berjuang agar proses pembangunan IKN Nusantara berjalan dengan baik,” ujarnya.

Abriantinus mengatakan, ada dua hal penting peran pemerintah daerah dan masyarakat Kalimantan Timur dalam pembangunan IKN Nusantara ini, yakni sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi.

Terkait SDM, pemerintah daerah harus segera menyiapkan generasi muda di Kaltim untuk bisa bersaing dengan SDM dari luar daerah yang nantinya bakal terlibat di IKN.

“Kami berharap pemerintah pusat bisa mengakomodir SDM masyarakat lokal sesuai dengan kemampuannya dalam progress pembangunan IKN Nusantara,” ungkap Abriantinus.

Keberadaan IKN Nusantara harus bisa memberikan dampak bagi kemajuan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah. 

“Harapan kita 70 persen tenaga di IKN Nusantara nanti dari masyarakat lokal, sisanya 30 persen dari luar daerah. Tentunya harus sesuai dengan kemampuan dan sertifikasi yang dibutuhkan,” tandasnya.

No comments:

Powered by Blogger.