Breaking News

Tahun Ajaran Baru PTM 100 Persen: Pelajaran 6 Jam, Prokes Ketat

 



Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta berencana menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas siswa 100 persen pada awal tahun ajaran baru Juli mendatang. Namun demikian, protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat untuk mencegah Covid-19.


Sekretaris Disdik Kota Surakarta Dian Rineta mengatakan, pelaksanaan PTM di tahun ajaran baru akan digelar 100 persen dengan prokes ketat. Pertimbangannya karena melandainya kasus Covid-19 dan tingginya capaian vaksin pelajar di kota Surakarta.


”Sebelumnya juga sudah PTM 100 persen sesuai dengan prokes, jadi tidak masalah. Capaian vaksin juga sudah sangat tinggi, baik dari siswa maupun tenaga pendidik. Melihat kondisi saat ini, pandemi Covid-19 juga sudah melandai,” ujarnya, kemarin (8/7).

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan pada tahun ajaran sebelumnya, PTM 100 persen sudah berjalan lancar. Berdasarkan laporan dari sekolah, sebagian besar masyarakat mendukung pelaksanaan PTM 100 persen.


”Didukung dengan kondisi Covid-19 yang semakin turun, sehingga PTM akan dilaksanakan 100 persen . Bukan hanya siswanya, tetapi jam pelajarannya jadi 6 jam sesuai dengan SK yang sudah ada,” ucap Dian.


Dia berharap tidak ada temuan kasus Covid-19 selama pelaksaan kebijakan ini. Meskipun kasus Covid-19 mereda, dinas meminta pihak sekolah tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.


Rencana tersebut mendapat sambutan baik dari satuan pendidikan. Salah satunya SD Negeri Ketelan 12. Kepala SD Negeri Ketelan 12 Siti Murniatun mengatakan, sudah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut PTM 100 persen di sekolahnya.


”Kami sudah siap PTM 100 persen mulai pekan depan, sebelumnya kami juga sudah menerapkan PTM 100 persen. Jadi tidak ada masalah,” ucapnya.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SD Muhammadiyah 1 Surakarta Jatmiko mengatakan, pihaknya juga menggelar PTM 100 persen. Bagi kelas I dan II pembelajaran akan dimulai pukul 07.00 hingga 14.00. Sedangkan untuk kelas III sampai VI akan berakhir pukul 15.45.


”Siswa mulai masuk pada Rabu 13 Juli 2022, untuk guru sejak  11 Juni sudah masuk. Masuk pukul 07.00 pulang kelas 1 dan 2 pukul 14.00, kelas 3 hingga 6 pukul 15.45 jam normal,” tandasnya.


sumber : radarsolo.jawapos.com

No comments:

Powered by Blogger.