Breaking News

Kejar Kekebalan Komunal, Binda Maluku Gencarkan Vaksinasi Booster

 

KlikMaluku.com – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Maluku kembali mengingatkan, pentingnya vaksinasi untuk mencegah penularan Ciovid-19, menyusul masih terdapatnya temuan kasus baru.

Kabagoops Binda Maluku Kolonel Laut (KH) Rusendra Ichwan mengatakan,
vaksinasi menjadi langkah paling efektif untuk mencegah penularan menyusul mulai longgarnya penerapan protokol kesehatan.

“Saat ini masyarakat mulai enggan memakai masker dan mencuci tangan. Sementara untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan tidak mungkin dilakukan menyusul mulai bergeraknya kegiatan ekonomi sosial,” ungkap Ichwan

Bertolak dari kondisi ini, katanya pula, vaksinasi yang merupakan bentuk perlindungan dari dalam harus dilakukan. Karena dapat menjadi solusi bagi kegiatan ekonomi dan kesehatan dapat berjalan bersama.

“Ini sesuai dengan upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 agar penanganan masalah kesehatan dan ekonomi tidak saling berbenturan,” kata dia.

Karena itu, menurut Ichwan, untuk memastikan kegiatan ekonomi tidak menjadi media penularan, maka harus terbentuk kekebalan komunal melalui capaian vaksinasi booster minimal 70 persen. Bila belum terbentuk kekebalan komunal, kegiatan ekonomi masih berpotensi menjadi media penularan Covid-19.

Terkait itu, sambung dia, Binda Maluku kembali gencarkan vaskinasi booster di Kota Ambon. Kali ini pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di Belakang Gereja Pantekosta, Jl Imam Bonjol, Kelurahan Ahusen, Kecamtan Sirimau, Kota Ambon.

“Kegiatan vaksinasi dilaksanakan secara massal dengan sasaran masyarakat umum, anak, pelajar, Pelayan Publik dan lansia,” sebut Ichwan

Sementara itu, pantauan media ini, tampak antusias masyarakat di Kota Ambon dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 semakin tinggi setiap waktunya.

“Inilah yang mendorong Binda Maluku rutin dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi di Kota Ambon dengan harapan agar terbentuknya Kekebalan Komunal di wilayah Provinsi Maluku terutama di Kota Ambon,” tambah Ichwan

Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya, Tim Vaksinasi Binda Maluku bekerja sama dengan sejumlah Puskesmas di Kota Ambon untuk pelaksanaan secara massal yang setiap harinya akan melayani pemberian vaksinasi dosis primer (1 dan 2) serta booster kepada penerima vaksin.

Ichwan juga mengimbau, bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis 1, 2 dan terutama dosis booster, agar segera melaksanakan vaksinasi untuk melindungi diri dan anggota keluarga dari varian baru virus Covid-19 terutama pada saat aktivitas sehari-hari.

Ia mengakui, terselenggaranya vaksinasi juga tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan Kota Ambon. (JOW)

No comments:

Powered by Blogger.