Breaking News

Tito Akan Resmikan 3 DOB Papua Akhir Bulan Ini

 



Jakarta,-- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menargetkan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua terdiri dari Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Tengah akan diresmikan sekitar akhir bulan Oktober ini atau awal November 2022.
Peresmian itu nantinya akan ditandai dengan dilantiknya tiga orang penjabat (Pj) gubernur yang sudah ditunjuk di tiga provinsi baru tersebut.

"Kita tahu bahwa ada tiga DOB yang akan segera diresmikan mungkin akhir bulan ini paling lambat awal November dengan pelantikan pejabat gubernurnya," kata Tito saat berpidato di acara pelantikan tiga penjabat kepala daerah di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (17/10).


Tito lantas menyinggung Kabupaten Tolikara nantinya akan bergabung ke dalam Provinsi Papua Pegunungan. Karena itu, Ia meminta Pj Bupati Tolikara Marthen Kogoya yang baru dilantik bisa mendukung pembentukan provinsi baru tersebut.

"Yang sebentar lagi nggak lama lagi tiga minggu lagi mungkin segera kita resmikan," kata dia.

Di sisi lain, Tito turut meminta kepada Marthen Kogoya agar rajin turun ke bawah dan tak terlalu lama meninggalkan Tolikara. Sebab, rakyat di Tolikara membutuhkan kehadiran pemimpin di wilayah tersebut.

Ia juga meminta Marthen bisa menggunakan APBD Kabupaten untuk kepentingan rakyat dan menjaga stabilitas keamanan dengan baik.

"Saya paham daerah yang cukup rawan dan kemudian tolong rangkul semua pihak yang ada di Tolikara supaya tidak terjadi resistensi," kata Tito.

Sebagai informasi, pemerintah resmi melakukan pemekaran tiga DOB di Papua itu pada 30 Juni 2022 lalu. DOB tersebut merupakan usulan pemerintah yang diajukan ke DPR.

(rzr/isn)

No comments:

Powered by Blogger.