Breaking News

Wiku: Vaksin Booster dan Prokes Perlindungan Utama Hadapi Kenaikan Covid-19





Vaksin booster dan protokol kesehatan (prokes) menjadi perlindungan utama dalam menghadapi kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air. Terlebih adanya varian baru Covid-19, yaitu BA.4 dan BA.5 yang mendominasi hingga 81% varian Covid-19 di Indonesia, kepatuhan terhadap prokes dan mendapatkan vaksin booster harus dilakukan.

"Harus terus berupaya melindungi diri engan disiplin tinggi mematuhi protokol kesehatan dan segera mendapatkan vaksin booster," kata Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Nasional, Prof Wiku Adisasmito saat konferensi pers virtual pada Rabu (13/7/2022).

Wiku menegaskan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah menegaskan pentingnya memakai masker di mana pun berada, yang disampaikan Presiden Jokowi seusai pelaksanaan salat Iduladha, pada 10 Juli lalu.

"Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa pentingnya tetap menjalankan protokol kesehatan pascavaksin booster. Hal ini semata-mata demi keselamatan kita di tengah kondisi penularan virus meningkat kembali," katanya saat konferensi pers virtual pada Rabu (13/7/2022).

Secara data dan fakta, menunjukkan bahwa orang yang tidak menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar, maka dapat kembali tertular, walaupun sudah divaksin booster. Ditemukannya reinfeksi setelah divaksin atau disebut breakthrough infection dapat terjadi pada semua orang terutama populasi rentan.

Seperti orang dengan gangguan imunitas, penderita komorbid, dan lansia. Breakthrough infection akan semakin sering terjadi jika jumlah virus meningkat dan tidak diimbangi kepatuhan protokol kesehatan yang tinggi.


Sumber

No comments:

Powered by Blogger.