Breaking News

Berkembang Cepat, Presiden Jokowi Optimistis Ekspor Otomotif Indonesia Tembus Keluar Asia

Presiden Jokowi menjawab wartawan usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). (Foto: Humas/Jay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, bahwa industri otomotif Indonesia berkembang sangat cepat. Ia mengaku senang karena ekspor produk otomotif Indonesia meningkat terutama memang ke negara-negara tetangga.

“Tapi kita melihat nanti, kalau harganya kompetitif saya kira akan bisa keluar dari Asia eskpornya,” kata Presiden Jokowi usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2018, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4) pagi.

Selain produk otomotif, menurut Presiden Jokowi, ekpor untuk komponen otomotif yang terurai  juga meningkat sangat tajam sekali, 13 kali (lipat) kenaikkan.

Ia meyakini kenaikan ekspor itu akan membuka lapangan pekerjaan yang besar, terutama bagi industri-industri menengah dan kecil yang memproduksi komponen otomotif, baik komponen yang utama maupun komponen-komponen pembantu. “Ini akan sangat besar dan orientasinya ekspor,” ujarnya.

Sementara dari sisi desain, menurut Presiden, ekspor otomotif dan komponen otomotif juga sangat berkembang, dan dari sisa interiornya sangat bagus sekali. “Itu juga dikerjakan oleh kita sendiri, hampir 100% urusan interior mobil dikerjakan oleh negara kita ini,” ucapnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengaku akan mendorong yang custom seperti motor-motor, yang memiliki peluang yang besar juga untuk diekspor atau pasar dalam negeri juga besar.

“Ini industri kecil, menengah juga bisa masuk ke yang custom ini, yang handmade dalam jenis warna, pernik. Saya kira juga bisa menjanjikan untuk untuk dikembangkan pada masa masa yang akan datang,” kata Presiden Jokowi.

Sumber : http://setkab.go.id/berkembang-cepat-presiden-jokowi-optimistis-ekspor-otomotif-indonesia-tembus-keluar-asia/

No comments:

Powered by Blogger.