Breaking News

Jelang Pilkada, Calon Kepala Daerah Diharapkan Bersaing secara Sehat


JAKARTA, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengingatkan kepada calon kepala daerah untuk menjalankan kompetisi secara sehat pada Pilkada Serentak 2018. Hal itu untuk menciptakan proses pemilihan yang bermartabat. "Kompetisi akan kompetitif kalau semua peserta pemilihan menerapkan nilai-nilai berkompetisi yang jujur, sportif, dan patuh pada aturan main yang ada," kata Titi kepada Kompas.com, Selasa (19/6/2018). Para calon kepala daerah juga diharapkan tidak melakukan cara-cara ilegal untuk mewujudkan kemenangan. Selain itu, Titi juga berharap mereka juga saling mengawasi demi terciptanya persaingan sehat di antara para calon. "Kalau itu semua dilakukan peserta pemilihan maka bisa dipastikan pilkada akan berjalan damai, berintegritas, dan demokratis," kata dia. Jelang masa tenang dan hari pemungutan suara, para calon diharapkan tidak menggunakan cara-cara buruk, seperti menyebarkan berita bohong, fitnah hingga ujaran kebencian hanya sekadar mendapatkan sentimen dan simpati pemilih. "Selai itu praktik politik uang sungguh merendahkan dan mencederai mutu demokrasi kita. Dampaknya merusak tidak hanya jangka pendek tapi juga jangka panjang," ujarnya.

Calon kepala daerah diminta tak merusak nalar pemilih dan penyelenggara pemilu dengan upaya membeli suara dan integritas pemilih maupun penyelenggara. Para calon, kata Titi, harus memberikan contoh yang baik bahwa mereka bisa menghadirkan sikap teladan bagi masyarakat dan pemilih mereka. "Selain itu, tidak ada demokrasi dengan kekerasan, maka timses, tim kampanye, dan pasangan calon jangan gunakan cara-cara yang mengintimidasi maupun mengancam pemilih," katanya. "Mari wujudkan pilkada damai, pilkada yang menghargai nilai-nilai kemanusiaan kita untuk bebas dan merdeka dalam menenukan pilihan," sambung dia.


Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2018/06/20/07224501/jelang-pilkada-calon-kepala-daerah-diharapkan-bersaing-secara-sehat

No comments:

Powered by Blogger.