Breaking News

Pemerintah Siapkan Beasiswa Hampir Rp.5 Triliun Untuk Mahasiswa


Jakarta – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan anggaran hampir Rp 5 triliun untuk beasiswa bagi 90.000 mahasiswa di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T  (Terdepan, Terluar, Tertinggal)

Hal tersebut diungkapkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Minggu (18/3).

“Saya berharap santri mengambil peluang yang besar itu. Silakan berupaya masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia,” kata Nasir di depan para santri.

Untuk diketahui, demi pemerataan hak pendidikan anak bangsa dan mengentaskan kesenjangan pendidikan, Pemerintah Indonesia lewat berbagai program beasiswa mencoba untuk menjembatani kesenjangan yang ada.

Beasiswa yang disediakan pemerintah untuk jenjang S1, S2 dan S3 antara lain:

    Beasiswa Bidikmisi bagi yang menempuh pendidikan di daerah 3T (daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal). Bidikmisi yang dinaungi oleh Kemenristek Dikti ini lebih menitikberatkan pada keterbatasan ekonomi calon penerima beasiswa.
    Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua dan 3T; awalnya memang Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) hanya difokuskan kepada siswa/i yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Namun, seiring dengan evaluasi yang dilakukan, akhirnya jangkauan beasiswa ini diperluas hingga menjangkau daerah 3T secara nasional. Beasiswa ADik Papua dan 3T ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi siswa/i Papua dan daerah 3T berprestasi untuk melanjutkan studi di 48 PTN dan 22 politeknik di seluruh Indonesia.
    Beasiswa Pendidikan Indonesia Afirmasi buat yang ingin melanjutkan ke level pascasarjana pun juga disediakan beasiswa yang mengakomodasi pelajar dari daerah 3T. Misalnya, Beasiswa Pendidikan Indonesia atau yang lazim dikenal dengan nama LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Program beasiswa ini dibagi menjadi tiga kategori yang dapat diisi oleh daerah 3T, di antaranya, pertama, untuk kelompok masyarakat dari daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal, kedua, kelompok masyarakat yang mengabdi di daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal, dan ketiga, alumni penerima beasiswa Bidikmisi atau kelompok masyarakat berprestasi dari keluarga miskin.
    Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Islam (ADIKTIS) ditujukan bagi pelajar berprestasi dari daerah 3T, termasuk ke dalam status ekonomi kurang mampu, berusia nggak lebih dari 24 tahun, selain itu bersedia tinggal di asrama atau pondok pesantren kampus yang dikelola oleh delapan Perguruan Tinggi Agama Islam yang menjalin kerjasama dengan Ditjen Pendidikan Islam di bawah naungan Kementerian Agama.
    Beasiswa dari Pemerintah Daerah; yakni melalui kerjasama atau penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan institusi pendidikan tinggi terkait. (RN/MCF)

No comments:

Powered by Blogger.