Breaking News

Budi Gunawan dan Semangat Api Sumpah Pemuda untuk Jaga Persatuan

Budi Gunawan dan Semangat Api Sumpah Pemuda untuk Jaga Persatuan
Jakarta – Ucapan Kepala BIN Jenderal Pol Budi Gunawan pada peringatan Sumpah Pemuda ke 90 dengan mengingatkan pentingnya persatuan bangsa.
Ikrar Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa yakni Indonesia akan melekat ke jati diri para pemuda dan mengimplemtasikan kedalam kehidupan sehari-hari.
Ikrar yang di deklarasikan para tokoh pemuda dari Sabang-sampai Merauke ini seharunya menjadi hal-hal yang menyatu dalam semangat pemuda Indonesia demi bangsa ini terhindar dari perpecahan.
Ikrar yang tulus ini menyatakan resolusinya, kalau ;
1.Kami putra dan putri Indonesia,mengaku bertumpah darah satu,tanah air Indonesia.
2.Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia.
3.Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan , bahasa Indonesia
Dahulu sebelum jauh kemerdekaan Indonesia pemuda kita telah tepat melakukan sikap resolusinya, yakni dengan bersatu padu melawan penjajah lewat ikrar sumpah pemuda.
Kini kontekstualisasi sumpah pemuda bisa dilakukan dengan menguatkan kembali wawasan kebangsaan untuk membentengi anak muda dari hal-hal yang menimbulkan perpecahan serta mencegah inflitrasi ideologi asing yang mengancam kesatuan.
Dari meme ucapan selamat Ka BIN, bisa dilihat arti kepalan dan bendera merah putih dalam background merupakan cara pandang kita bisa lakukan sebagai pemuda antara lain; pertama, menguatkan kembali wawasan pancasila kita.
Pancasila akan kuat apabila kita memahami dan mengamalkan nilai-nilainya, otomatis radikalisme akan sirna. Seperti nilai saling menghargai perbedaan, egaliter, sikap optimis memandang yang lain dan sebaginya.
Kedua, kenalkan Islam yang ramah dan toleran, karena sejatinya Islam memang seperti itu, bukan garang dan bengis.
Melalui sumbangsih para pemuda yang telah melahirkan Sumpah Pemuda, sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian untuk bangsa.
Apabila dibandingkan dengan era saat ini, sarana transportasi dan alat komunikasi cukup mudah.
Namun, anehnya berbagai kemudahan justru lebih sering berselisih paham, mudah menvonis orang, pecah belah, saling mengutuk satu sama lain, menebar fitnah serta kebencian.
Untuk itu kemudahan teknologi dan sarana transportasi seharusnya lebih mudah untuk melakukan silahturahmi dan berinteraksi sosial.
Kesalahpahaman dan kebencian dapat dikonfirmasi dan diklarifikasi dalam hitungan detik berkat teknologi.
Api sumpah pemuda harus terus dinyalakan, dan kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.
Harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan. Kita juga harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.
Pesan Bung Karno yakni “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir.”
Pemuda menjadi penentu Keutuhan negeri ini, karena mereka merupakan penerus bangsa, jangan rusak mereka, dengan doktrin intoleran maupun radikal.
Selamat Hari Sumpah Pemuda.


Sumber : https://bidikdata.com/budi-gunawan-dan-semangat-api-sumpah-pemuda-untuk-jaga-persatuan.html

No comments:

Powered by Blogger.