Breaking News

Indonesia Dan India Menggelar Dialog Lintas Agama Sebagai Kelanjutan Dari Komitmen Presiden RI Dan Presiden India



YOGYAKARTA – Indonesia dan India menggelar dialog lintas agama sebagai kelanjutan dari komitmen Presiden RI dan Presiden India. Dialog lintas agama ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Indonesia dan India.

”Dialog akan dihadiri tokoh-tokoh agama serta perwakilan diplomat dari India dan Indonesia untuk bisa berdiskusi mengenai agama dan budaya dari masing-masing negara. Seperti perwakilan Kementerian Luar Negeri India dan Indonesia, Duta Besar India, Perwakilan Kementerian Agama dan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia,” urai Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Azis Nurwahyudi.

Forum dialog ini akan berlangsung hingga Jumat (5/10) ini mengusung tema ‘’Sharing of Best Practices, Lessons Learnt and Way Forward”. Melalui dialog tersebutIndonesia dan India berkomitmen bekerja sama memperjuangkan perdamaian dunia melalui dialog lintas agama, pendidikan, kebudayaan dan media untuk mencegah tumbuhnya paham radikal dan ekstremisme.
Indonesia dan India mempunyai keunikan karena Indonesia memiliki populasi umat Islam terbesar di dunia sedangkan India merupakan rumah dari populasi umat Hindu terbesar di dunia sehingga kerja sama yang dibentuk oleh Indonesia-India menjadi relevan untuk saling berbagi pengalaman dalam mengelola keberagaman di negara masing-masing. Pengelolaan keberagaman yang baik dapat menciptakan harmoni kehidupan masyarakat yang majemuk seperti di Indonesia dan India. (RA/MCF)

No comments:

Powered by Blogger.