Breaking News

Presiden Jokowi Masuk Daftar 20 Muslim Berpengaruh Dunia untuk Ke-4 Kali

Presiden Jokowi Masuk Daftar 20 Muslim Berpengaruh Dunia untuk Ke-4 Kali
Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC) kembali memasukkan nama Presiden Joko Widodo ke dalam daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh.
Sebelumnya pada 2016-2018 Jokowi selalu masuk ke dalam daftar 500 Muslim berpengaruh tersebut.
Pada 2016, Presiden Jokowi berada di urutan ke 11, sedangkan pada 2017 Jokowi berada di urutan ke 13. Kemudian pada 2018 Jokowi berada di urutan ke 16.
Sekitar 1,9 miliar umat muslim di dunia hingga hari ini atau mencapai 24,7 persen dari populasi dunia, hampir menyentuh seperempat jumlah manusia.
Dan kali ini, Jokowi masuk urutan ke-16 deretan 50 Muslim berpengaruh tahun 2019. Deretan 50 nama teratas yang tercantum dalam catatan tersebut didominasi oleh kepala negara.
Dalam daftar 500 Muslim Dunia Berpengaruh itu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menduduki peringkat pertama, disusul Raja Salman pada urutan ketiga, dan Raja Yordania, King Abdullah II berada di urutan ketiga.
Nama Putra Mahkota Saudi, Mohammad Bin Salman juga masuk di 20 besar dalam daftar tersebut. MbS berada di urutan ke 13 dari 500 Muslim Dunia Berpengaruh.
“Keberpengaruhan itu adalah siapapun yang memiliki kekuasaan baik secara budaya, ideologi, keuangan, politik, dan hal lain untuk membuat perubahan yang dapat memberikan dampak signifikan bagi dunia muslim,” tulis pembukaan pada buku berjudul ‘The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2019’, Jumat (19/10/2018).
Keterangan mengenai latar belakang Jokowi seperti peran dan perjalanan karirnya saat memimpin sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga sebagai Presiden secara singkat dipaparkan pada halaman itu.
Kebiasaan “blusukan” Jokowi pun masuk dalam sorotan buku setebal 329 halaman itu.
“Presiden Widodo terkenal dengan kunjungan mendadaknya untuk melihat dan mendengar secara langsung dari masyarakat setempat.
Hal ini membuatnya dapat mengetahui langsung permasalahan maupun kritik-kritik sehingga membangun hubungan personal yang kuat dengan masyarakat,” demikian dikutip dari buku tersebut.
Sementara itu, pemaparan mengenai Said Aqil Siradj berada pada halaman 88-89. Keterangan mengenai Said Aqil menampilkan secara singkat sejumlah perannya dalam kegiatan PBNU, Komnas HAM, pendidikan dan pelayanan sosial.
Oleh karena itu, umat Islam Indonesia harus bangga atas capaian tersebut karena menunjukan Presiden Jokowi mendapat pengakuan dunia.
Sumber : https://bidikdata.com/presiden-jokowi-masuk-daftar-20-muslim-berpengaruh-dunia-untuk-ke-4-kali.html

No comments:

Powered by Blogger.