Breaking News

Jokowi Pastikan Dana Kelurahan untuk Kesejahteraan Masyarakat

Jokowi Pastikan Dana Kelurahan untuk Kesejahteraan Masyarakat
Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa tujuan utama penyaluran dana desa dan dana kelurahan, untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas membahas tentang dana desa dan dana kelurahan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.
“Ini mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, baik di desa maupun kota, kelurahan,” jelas Presiden Jokowi, Jumat (2/11/2018).
Jokowi mengatakan, dengan penyaluran dana tersebut, pemerintah menargetkan penurunan angka kemisminan dan kesenjangan antara warga desa dan kota.
Untuk itu Presiden Jokowi meminta jajarannya, agar memberikan pendampingan dalam pemanfaatan dana desa yang telah disalurkan pemerintah.
“Ini fokus mengurangi kemiskinan, ketimpangan di desa, mengembangkan ekonomi produktif, menggerakan industri-industri kecil pedesaan,” ujarnya.
Terkait dana kelurahan, pemerintah dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menganggarkan sebesar Rp 3 triliun dan akan didistribukan pada tahun 2019.
Seperti diketahui, untuk total dana desa yang sudah dikucurkan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dalam empat tahun tercatat sudah sebanyak Rp 187 triliun. Sedangkan pada 2019 meningkat 16,7 persen dari Rp 60 triliun tahun ini, jadi Rp 70 triliun.
Pemutar Video
00:00
00:57

No comments:

Powered by Blogger.