Breaking News

Penyesuaian TDL Hanya Untuk Warga Yang Tergolong Mampu


Jakarta – Pemerintah terus berupaya agar tarif listrik bisa lebih terjangkau masyarakat.  Berdasarkan data Bank Dunia, Indonesia masih berada dalam kelompok 10 negara dengan tarif listrik termurah.
Penyesuaian Tarif Dasar Listrik (TDL) terjadi jika terdapat faktor yang mempengaruhi biaya pokok tenaga listrik yaitu nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar AS, Indonesian Crude Price (ICP) dan inflasi.
Pada 2017, Pemerintah melakukan penyesuaian TDL untuk pelanggan 900 VA (kategori mampu) yang berjumlah 19 juta pelanggan sehingga Pemerintah tidak lagi memberikan subsidi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan negara dan mengalihkan subsidi ke sektor produktif (kesehatan dan pendidikan) sehingga lebih tepat sasaran.
Penyesuaian TDL untuk pelanggan 900 VA tidak berdampak kepada rakyat kecil yang berjumlah 4,1 juta karena tetap disubsidi oleh Pemerintah sehingga rakyat kategori rumah tangga miskin masih menikmati listrik dengan harga normal dan stabil.
Subsidi yang dilakukan pemerintah adalah tepat sasaran. Dengan demikian, masyarakat diharapkan agar tidak mudah percaya dengan isu-isu negatif terkait penyesuaian TDL di Indonesia. (kaniamcf)
Sumber :  http://stopfitnah.com/penyesuaian-tdl-hanya-untuk-warga-yang-tergolong-mampu/

No comments:

Powered by Blogger.