Breaking News

Jika Terpilih Ma’ruf Amin Bakal Memperkuat BMKG dan BNPB


Indonesia berada di daerah rawan bencana. Jika tidak didukung dengan peralatan canggih untuk mendekteksi tsunami dan gemapa maka dipastikan akan semakin banyak korban jiwa yang berjatuhan.
Terkait hal tiu, Cawapres nomor urut 02, Ma’ruf Amin berjanji akan semakin memperkuat peran BMKG dan BNPB jika terpilih pada Pilpres 2019 mendatang.
Ia menegaskan bahwa peralatan deteksi tsunami dan gempa dari kedua lembaga itu harus lebih ditingkatkan dari segi teknologinya. Hal itu untuk menanggulangi jatuhnya korban jiwa akibat tsunami maupun gempa.
“Kita sudah lihat mulai dari Aceh terus kemudian Lombok, Palu, kemudian sekarang Banten. Berarti dua lembaga ini harus kita perkuat, anggarannya harus diperbesar, jadi jangan sampai begitu terjadi baru mencari anggaran, jadi harus disiapkan,” ujar Ma’ruf Amin, di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).
“Jangan sampai tidak terdeteksi. Karena itu kita harus dilengkapi dengan alat-alat yang canggih. Sehingga bisa mendeteksi sebelum terjadi itu sudah ada warning kepada warga yang di daerahnya kemungkinan akan terjadi gempa atau tsunami,” tambah dia.
Menurutnya, saat ini penanganan soal bencana di Indonesia sudah cukup bagus.
“Sekarang sudah bagus, kemarin kan saya bilang penanganannya sudah bagus, kalau saya lihat sudah bagus,” ucapnya.
Untuk kedepannya, Ma’ruf ingin nantinya masyarakat juga harus diberikan pendidikan soal gempa dan tsunami. Karena itu, dirinya sangat mendukung langkah pemerintah yang mewacanakan untuk mengajarkan pendidikan gempa dan tsunami sejak sekolah dasar (SD).
“Sejak di SD sudah mulai diberi kesadaran bahwa kita sebagai negara yang memang berada di daerah gempa itu harus disiapkan dari mulai dini, dari mulai SD itu sudah paham. Sehingga waspadanya sudah terus waspada,” kata Ma’ruf.




No comments:

Powered by Blogger.