Breaking News

Kiai Ma’ruf Amin Menegaskan tidak Ada Kriminalisasi Ulama


Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengatakan, sejak lama ia telah menyatakan bahwa tak ada kriminalisasi ulama.
Kiai Ma’ruf Amin menegaskan di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tidak ada kriminalisasi ulama, Kiai Ma’ruf menilai hal itu terjadi karena proses penegakkan hukum bagi orang yang diduga melakukan pelanggaran hukum.
“Menurut saya memang benar tidak ada kriminalisasi ulama. Tapi kalau memang dia tersangkut pidana atau pasal delik yang dilanggar tentu ya. Itu namanya proses hukum” ungkap Kiai Ma’ruf Amin saat ditemui di kediamannya, Jalan Situbondo no 12, Menteng, Jakarta, Selasa (11/12).
Kiai Ma’ruf yang juga mantan Rais Aam PBNU juga mengatakan penegakan hukum bisa terjadi pada siapa saja, tidak hanya pada ulama.
Dan proses hukum yang berjalan pun diserahkan sepenuhnya pada pihak kepolisian tanpa adanya intervensi dari Jokowi yang saat ini masih menjabat sebagai kepala negara.
“Tapi karena memang misalnya yang diadukan itu ulama, kemudian dikatakan sebagai kriminalisasi ulama. Padahal ada juga yang bukan ulama kalau dia dianggap melakukan ujaran kebemcian. Artis misalnya, kriminalisasi artis, atau buruh kek, atau wartawan kriminalisasi wartawan,” ujar Kiai Ma’ruf.
Selain Ma’ruf, Jokowi sebelumnya sudah angkat suara tentang tudingan kriminalisasi ulama. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan kepada Relawan Bravo-5, di Ancol, Jakarta Pusat, Senin (10/12).
Terkait dengan isu kriminalisasi ulama yang dilemparkan kepada kubunya, Jokowi heran akan itu.
Bagi Jokowi, dia sudah mengangkat calon wakil presiden dari kalangan ulama, kenapa masih juga muncul tudingan dia mengkriminalisasi ulama.
“Bagaimana mungkin? Yang pertama, Pak cawapres kita ini adalah ulama yang paling sudah paling atas bener. Pak Kiai Ma’ruf Amin, ketua MUI, kok isu-isu seperti ini masih berani keluar?” kata Jokowi di Ancol, Jakarta Pusat, Senin (10/12).
Menurutnya, tidak cocok isu itu dilayangkan kepada kubunya karena setiap hari koalisinya selalu bertemu dengan para ulama di pondok pesantren. Dan juga sering bertemu dengan para kiai.
“Tapi isunya seperti ini, lalu ini misalnya ada ulama yang terkena masalah hukum, ya memang harus berhadapan dengan hukum,” ungkap Jokowi
Sumber : https://bidikdata.com/kiai-maruf-amin-menegaskan-tidak-ada-kriminalisasi-ulama.html 

No comments:

Powered by Blogger.