Breaking News

Harga dan Pasokan di Papua Jelang Natal dan Tahun Baru Terkendali


Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan harga dan pasokan bahan pokok di Papua aman saat Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) pada Kemendag Kasan di Jayapura, menjelaskan, hasil pantauan menunjukkan harga bahan pokok di Provinsi Papua, khususnya Jayapura aman terkendali dan pasokannya cukup untuk menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, namun demikian, pemerintah akan terus menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bahan pokok.

Pemantauan dilakukan di beberapa titik seperti pasar rakyat yaitu Pasar Sentra Hamadi, ritel modern Hypermart, gudang distributor bahan pokok PT Irian Jaya Sehat serta gudang Perum Bulog.

Menurut Kasan, pada ritel modern, pihaknya memantau kesesuaian harga bahan pokok dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditentukan.

“Sementara, jumlah stok beras di gudang Bulog Kanwil Papua tercatat 27.565 ton, cukup untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru mendatang, bahkan untuk kebutuhan Provinsi Papua selama tiga bulan ke depan,” ujar Kasan.

Kasan menambahkan, stok bahan pokok dari distributor PT Irian Jaya Sehat mencukupi sampai dengan akhir tahun.

“Menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya terjadi peningkatan permintaan bahan pokok, yang dapat berdampak pada kenaikan harga,” ucapnya.

Untuk itu, menurut Kasan perlu dilakukan langkah antisipasi khususnya di daerah-daerah yang mayoritas penduduknya merayakan Natal serta daerah penyumbang inflasi tinggi, di mana salah satunya, dengan meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

No comments:

Powered by Blogger.