Breaking News

Presiden Jokowi Berambisi Indonesia Buat Vaksin Covid-19


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berambisi Indonesia mampu menghasilkan vaksin virus corona. Hal ini didasarkan pada keberhasilan anak bangsa dalam membuat produk inovasi dalam mempercepat penanganan Covid-19.
"Saya sangat optimis bahwa hal yang dulunya tidak pernah kita pikirka dan hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri karena kita bisa memproduksinya sendiri," ucap Jokowi saat meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 melalui telekonferensi, Rabu (20/5/2020).
"Lebih dari itu, kita harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," tambahnya.
Jokowi juga mengapresiasi Lembaga Eijkman yang sudah mendapatkan data tujuh urutan genome lengkap virus, yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin.
"Dan saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi efektif bagi pengobatan Covid-19," tukasnya.
Jokowi ingin hasil riset dan inovasi yang dilakukan para peneliti tidak hanya berhenti di laboratorium, melainkan dikembangkan dan diproduksi secara massal, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri.
"Karya-karya itu jangan berhenti di laboratorium, jangan juga sebatas prototipe saja, tapi harus terus berlanjut dan harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan bisa kita ekspor ke mancanegara," pungkasnya.
(qlh)

No comments:

Powered by Blogger.