Breaking News

Pemerintah Lakukan Ini Guna Mencegah Masuknya Varian Baru Covid-19 ke Indonesia

 


JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah akan melakukan pemetaan genetik Covid-19, guna mencegah masuknya varian baru virus corona di Indonesia.

Saat ini, varian baru virus tersebut sudah ditemukan di Inggris dan berpotensi menyebar ke berbagai negara lainnya.

"Ke depannya pemerintah Indonesia berkomitmen untuk melakukan surveilance atau pemetaan genetik virus Covid-19 di Indonesia untuk dapat memahami distribusi dan karakteristik yang berguna, dalam upaya pencegahan maupun untuk pengembangan penelitian kedepan," ujar Wiku, Selasa (29/12/2020).

Wiku menuturkan, kebijakan larangan masuk warga negara asing (WNA) ke Indonesia selama dua pekan, merupakan bentuk proteksi bagi warga di Tanah Air untuk mencegah masuknya varian baru virus corona.
"Saya ingin menekankan bahwa kebijakan yang diambil pemerintah merupakan upaya untuk melindungi masyarakatnya dari potensi penularan Covid 19 termasuk juga imported case dari varian terbaru yang ditemukan di Inggris," jelas dia. 

Sebelumnya diberitakan, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, varian baru Covid-19 terbukti lebih mudah menular. Namun varian baru virus tersebut ini tidak terbukti lebih memperparah derajat kesakitan. 

Selain itu, strain virus corona bernama B117 atau N501Y ini juga sudah terbukti bisa dideteksi dengan alat tes Covid-19, seperti swab antigen atau PCR.

"Jadi tiga hal itu yang sudah kami kami peroleh dari para ahlinya," ungkap Budi. 

(qlh)

Sumber : https://nasional.okezone.com/read/2020/12/29/337/2335925/pemerintah-lakukan-ini-guna-mencegah-masuknya-varian-baru-covid-19-ke-indonesia?page=1

No comments:

Powered by Blogger.