Breaking News

Vaksin Covid-19 Tiba di NTB, Gubernur hingga Pejabat Siap Divaksin

 


Sebanyak 28.670 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (5/1/2021). Puluhan ribu dosis vaksin Covid-19 itu disimpan di ruang penyimpanan khusus vaksin di Dinas Kesehatan NTB. 

Ruangan itu memiliki suhu 4 derajat celcius. Gubernur NTB Zulkieflimansyah sempat mengeluarkan pernyataan siap disuntik vaksin Covid-19 untuk memberi contoh kepada masyarakat. "Pasti ya apalagi ini untuk kepentingan mencontohkan pada masyarakat, jika prosedurnya sudah ada dengan senang hati (siap divaksin)," kata Gubernur di Pelabuhan Senggigi, Kamis (31/12/2020). 

Ketika ditanya apakah siap menjadi orang pertama yang mendapat vaksin Covid-19 di NTB, Zul mengaku tak cuma dirinya yang akan disuntik.

Tetapi, seluruh forum koordinasi kepala daerah (Forkopimda) NTB. "Ya bareng bareng lah, kita Forkopimda itu selalu bareng bareng," kata Zul. Menurutnya, banyak masyarakat yang meragukan vaksin Covid-19. Hal ini disebabkan oleh banyaknya informasi yang beredar di masyarakat. Sehingga, kata dia, butuh contoh untuk meyakinkan masyarakat. "Kalau sudah ada vaksinnya bareng bareng kita vaksin, Saya, Pak Kapolda, Danrem, Pimpinan DPRD dan lain lain," katanya. Saat ini, telah tersedia 28.670 dosis vaksin covid-19 buatan sinovac di NTB. 

Vaksinasi bakal dilakukan kepada 14.000 tenaga medis dan Satgas Covid-19 pada 14 Januari 2021. Sekretaris Daerah NTB, Lalu Gita Aryadi mengaku siap menerima vaksin buatan Sinovac itu. "Atas nama kemanusiaan saya siap, saya siap," kata Lalu Gita pada Selasa (5/1/2021).   Sebelum vaksinasi, Pemprov NTB akan melakukan edukasi, sosialisasi, dan penyuluhan. 

Pemprov akan menjelaskan kepada masyarakat vaksinasi merupakan salah satu upaya menegah penyebaran Covid-19. "Kita sejak awal telah melakukan rapat koordinasi, saat itu sejak awal kasus Covid-19 diprediksi angka Covid-19 di NTB akan mencapai lebih dari 5000, saya awalnya tak percaya, tetapi ternyata rilis akhir Desember 2021 angka Covid-19 di NTB mencapai 5.665 kasus, melampaui angka yang diprediksi," kata Lalu Gita.

Menurutnya, kasus Covid-19 berpotensi meningkat pada 2021. Sehingga, vaksinasi bisa menjadi salah satu cara menekan risiko penularan Covid-19. Sampai saat ini, sebanyak 5.903 kasus positif Covid-19 tercatat di NTB. Dari jumlah itu, 1.037 di antaranya merupakan tenaga kesehatan.


No comments:

Powered by Blogger.