Breaking News

Survei Indikator: 75,7% Responden Puas dengan Penyelenggaraan Pemilu 2024

 

Hasil survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan 75,7% responden menyatakan puas dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. Peneliti utama dari Indikator, Burhanuddin Muhtadi, menyatakan masyarakat yang puas dengan penyelenggaraan pemilu, mayoritas datang dari berbagai kalangan.


Dari angka tersebut, sebanyak 54,9% responden mengaku "cukup puas" dan 20,8% menyatakan "sangat puas". Sementara itu, 18,2% responden mengungkapkan ketidakpuasan dan 5,5% menyatakan sangat tidak puas.


Survei juga menggali tingkat kepuasan berdasarkan basis pemilih calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres). Basis pemilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjukkan tingkat kepuasan tertinggi, dengan 89,8% responden menyatakan puas terhadap penyelenggaraan pemilu.


Sementara itu, basis pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 39,8% dan pemilih Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebesar 51,3%.


"Ada 51,3% pemilih Ganjar yang menyatakan puas dengan penyelenggaraan pemilu," jelas Burhanuddin.


Namun, basis pemilih Anies-Muhaimin memiliki tingkat ketidakpuasan tertinggi dengan 60,2%, diikuti oleh pemilih Ganjar-Mahfud dengan 48,7%. Hanya 9,9% pemilih Prabowo-Gibran yang menyatakan tidak puas dengan penyelenggaraan pemilu.

No comments:

Powered by Blogger.