Breaking News

Survei Exit Poll SMRC Saat Pilkada, Jokowi Unggul di 5 Provinsi


Jakarta - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei exit poll di 6 provinsi saat Pilkada Serentak 2018 berlangsung. Dalam survei itu, SMRC menyematkan pertanyaan soal pilpres dan menemukan hasil Joko Widodo menang di 5 provinsi tapi kalah di Jawa Barat.

Survei ini dilakukan saat Pilkada Serentak 2018 pada Rabu (27/6) lalu. Meski ada 17 pemilihan gubernur (pilgub) dalam Pilkada Serentak 2018, survei hanya dilakukan di 6 Provinsi.

Untuk capres pilihan, survei dilakukan head to head antara Jokowi dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Ribuan orang di 6 provinsi itu menjadi responden.

"Kalau kita lihat tadi setidaknya di 6 provinsi kalau yang bersaing Jokowi, Prabowo, maka Jokowi unggul atas Prabowo di 5 Provinsi di Sumut, Sulsel, Kalbar, Jatim, Jateng, tapi di Jabar Prabowo (menang)," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di kantor SMRC, Jalan Cisadane No 8, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018).

Meski Jokowi kalah di Jabar, calon gubernur yang diusung Prabowo kalah di Pilgub Jabar versi hitung cepat. Di Jabar sendiri, hasil hitung cepat masih diungguli cagub Ridwan Kamil.

"Nah tetapi kemudian calon gubernur yang diusung Prabowo kan kalah, sekarang yang unggul RK. Kalau RK bisa jadi vote getter untuk Jokowi, tentu bisa berdampak positif terhadap Jokowi, tergantung kepada calon kepala daerah itu, lebih berpihak ke siapa," imbuhnya.

Berikut ini hasil survei exit poll soal pilihan capres:

Jawa Barat

Joko Widodo 40,3%
Prabowo Subianto 51,2%
Tak menjawab 8,5%


Jawa Tengah

Joko Widodo 73,1%
Prabowo Subianto 19,7%
Tak menjawab 7,2%

Jawa Timur

Joko Widodo 64,2%
Prabowo Subianto 28,3%
Tak menjawab 7,5%

Sumatera Utara

Joko Widodo 52,8%
Prabowo Subianto 40,4%
Tak menjawab 6,8%

Sulawesi Selatan

Joko Widodo 50,0%
Prabowo Subianto 38,4%
Tak menjawab 11,6%

Kalimantan Barat


Joko Widodo 58,4%
Prabowo Subianto 35,0%
Tak menjawab 6,6%

"Di Sulsel, Jokowi unggul, kebanyakan pemilih Jokowi memilih Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman. Pemilih Prabowo juga sama memilih yang sama," kata Deni.

Untuk diketahui, 5 provinsi dengan daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak di pilkada serentak adalah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, dan Sulsel. Lima provinsi itu dinilai menjadi lumbung suara untuk Pilpres 2019.
(elz/elz)

No comments:

Powered by Blogger.