Breaking News

Jokowi Tegaskan Konsep Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia


Presiden Joko Widodo menegaskan konsep Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Hal itu dikatakan Jokowi dalam pidatonya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-9 East Asia Summit (EAS) di Nay Pyi Taw, Myanmar.
Jokowi menjelaskan, dengan demikian agenda pembangunan akan difokuskan pada 5 (lima) pilar utama, yaitu:
1. Membangun kembali budaya maritim Indonesia.
2. Menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut dengan menempatkan nelayan pada pilar utama.
3. Memberi prioritas pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, deep seaport, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim.
4. Menerapkan diplomasi maritim, melalui usulan peningkatan kerja sama di bidang maritim dan upaya menangani sumber konflik, seperti pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, sengketa wilayah, perompakan, dan pencemaran laut dengan penekanan bahwa laut harus menyatukan berbagai bangsa dan negara dan bukan memisahkan.
5. Membangun kekuatan maritim sebagai bentuk tanggung jawab menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim.
Presiden menghadiri KTT tersebut bersama seluruh Kepala Negara/Pemerintahan negara anggota ASEAN, Republik Korea Selatan, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Australia, Selandia Baru, India, Amerika Serikat, Rusia, dan Sekretaris-Jendeal ASEAN. Sekretaris-Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa dan Presiden Asian Development Bank juga hadir sebagai guest of the Chair.
Presiden juga menyerukan untuk meningkatkan kerja sama maritim menjadi lebih erat secara damai dan bukan sebagai ajang perebutan sumber daya alam maupun supremasi maritim. Terkait Laut Tiongkok Selatan, Presiden Jokowi menyambut baik komitmen untuk mengimplementasikan secara penuh dan efektif Declaration of Conduct (DoC) in the South China Sea dan mendorong penyelesaian Code of Conduct (CoC) in the South China Sea secepat mungkin melalui konsultasi.
EAS merupakan suatu forum regional yang dibentuk pada 14 Desember 2005 di Kuala Lumpur. Negara peserta EAS berjumlah 18 negara, yaitu 10 negara anggota ASEAN dan 8 negara Mitra Wicara ASEAN, yakni Australia, India, Jepang, Korea Selatan, RRT, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Rusia. EAS merupakan platform dimana para Pemimpin negara peserta EAS bertemu dan melakukan tukar pikiran mengenai berbagai isu politis dan strategis di kawasan.




Sumber : http://stopfitnah.com/jokowi-tegaskan-konsep-indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia/

No comments:

Powered by Blogger.