Breaking News

Konkret Lestarikan Keragaman Adat, Presiden Alokasikan Anggaran Renovasi Rumah Adat


JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengalokasikan anggaran untuk pelestarian adat istiadat dan budaya. Beberapa upaya pelestarian yang dijanjikan akan difasilitasi melalui bantuan anggaran seperti rehabilitasi rumah adat dan keraton.
Hal itu dikatakan Presiden saat bertemu dengan Kepala Suku se-Indonesia di Istana Bogor. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat akan diberdayakan untuk membantu upaya rehabilitasi seperti rumah adat dan keraton.
“Kalau ada rumah adat yang direnovasi, pemerintah sekarang punya anggaran untuk renovasi itu. Renovasi rumah adat yang kira-kira anggarannya tidak terlalu banyak, bisa ke Kemendikbud. Tapi kalau renovasi keraton yang membutuhkan dana besar, silahkan ke Kementerian PU-PR,” kata Presiden.
Joko Widodo mengatakan, keragaman suku dan adat istiadat menjadi kekayaan Indonesia. Saat ini tercatat ada 714 suku, 29 lembaga adat dan 43 keraton di Indonesia. Menurutnya data keragaman budaya itu sangat besar bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Dia kemudian mencontohkan Singapura yang hanya memiliki 4 suku, jauh sedikit dibandingkan jumlah suku yang ada di Indonesia.
“Kekayaan budaya seperti ini yang terus saya sampaikan ke menteri agar selalu kita jaga,” ujarnya.
Sumber : http://stopfitnah.com/konkret-lestarikan-keragaman-adat-presiden-alokasikan-anggaran-renovasi-rumah-adat/

No comments:

Powered by Blogger.