Breaking News

Presiden Jokowi Targetkan Tahun Ini Relokasi Pengungsi Gunung Sinabung Akan Rampung


Medan – Presiden Joko Widodo meminta seluruh pihak terkait agar serius dan segera menuntaskan penanganan pengungsi erupsi gunung Sinabung termasuk pembangunan infrastruktur pemberian lahan pertanian untuk bekerja.
Penanganan pengungsi relokasi mandiri tahap I sebanyak 370 kepala keluarga untuk Desa Bakerah, Simacem dan Sukameriah sudah selesai. Para pengungsi yang berada di Siosar dan memiliki lahan pertanian sudah mulai berhasil. Lahan pertanian yang ditanami kentang, kubis, cabai dan lainnya.
Pemerintah menyiapkan pembangunan 1.873 rumah di 14 titik untuk para pengungsi Sinabung yang direlokasi tahap dua. Mengenai masih adanya masyarakat di sekitar gunung Sinabung yang mau dan bersedia direlokasi, Jokowi mengatakan, hal tersebut bisa saja ditampung.
Relokasi mandiri tahap ke III meliputi Desa Sukanalu, Sigaranggarang, Dusun Lau Kawar dan sebagian warga Desa Kutagugung disiapkan 480 ha hutan Siosar untuk lahan pertanian dan 90 hektare untuk lahan pertapakan. Lahan pertapakan 90 ha akan dibangun di lokasi APL yang luasnya 250 ha dan tanpa perizinan dari menteri terkait.
Pemerintah telah memberikan kepada 600 kepala keluarga pengungsi Relokasi Mandiri ke III sebesar Rp6.400.000 bagi pengungsi yang sudah melengkapi berkasnya. Jumlah pengungsi di 8 posko berjumlah 2117 KK dan sudah di-SK-kan.
Sumber : http://kasakusuk.co/presiden-jokowi-targetkan-tahun-ini-relokasi-pengungsi-gunung-sinabung-akan-rampung/

No comments:

Powered by Blogger.