Breaking News

Papua Damai Cinta NKRI Terus Disuarakan Tokoh Adat dan Agama Lapago


 

Sejumlah masyarakat adat dan tokoh agama Lapago, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua , menyatakan deklarasi Papua Cinta NKRI dan penyelesaian masalah Papua secara martabat. Melalui rekonsiliasi menuju Papua damai ini, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih.

Kegiatan deklarasi yang bertema ‘Papua NKRI dan Papua Damai’ tersebut, di antaranya diikuti oleh sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda wilayah adat Lapago.

Setelah diawali dengan penancapan bendera merah putih di atas Bukit Walesi dan lapangan deklarasi, kemudian dilanjutkan pembacaan pernyataan sikap yang dipimpin oleh Herman Doga selaku Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Jayawijaya dan ikuti oleh peserta deklarasi. “Pertama, mendukung tetap tegaknya NKRI di tanah Papua. Kedua, mendukung Papua damai dalam bingkai NKRI melalui jalan rekonsiliasi. Ketiga, mendukung penyelesaian masalah di Papua secara bermartabat,” ujar Herman Doga saat membacakan isi pernyataan sikap, Kamis (3/3/2022).

Kemudian keempat, mendorong percepatan pembangunan dan pembentukan DOB di tanah Papua dengan mengutamakan pemekaran kabupaten yang telah diperjuangkan secara swadaya oleh masyarakat, sehingga akan membuka lapangan pekerjaan, khususnya bagi OAP. “Kelima, mendorong sosialisasi Otsus Papua kepada masyarakat Papua,” tegas Herman yang diikuti oleh anggota deklarasi lainnya. Kemudian setelah pembacaan pernyataan sikap bersama, acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi di baliho dan dokumen surat pernyataan sikap oleh para tokoh.



Sumber

No comments:

Powered by Blogger.